Komunitas Batak Marbisuk Dukung Ridwan Kamil untuk Jakarta Satu Putaran
Cerdas MemilihNewsHot
Redaktur: Heru Sulistyono

Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil alias RK saat menerima dukungan dari Komunitas Batak Marbisuk. Foto M Julnis Firmansyah

Jakarta, tvrijakartanews - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil, menerima dukungan resmi dari Komunitas Batak Marbisuk di Velodrome, Jakarta Timur, Senin (21/10/2024). Ketua Komunitas Batak Marbisuk, Victor Aritonang, menyatakan dukungannya berdasarkan rekam jejak RK dalam menjaga kerukunan dan keberagaman di Jawa Barat.

"Kang Emil, Pak Ridwan Kamil, sudah membuktikan di Bandung dan Jawa Barat bisa menciptakan rumah besar bagi semua komponen bangsa," ujar Victor.

Ia menambahkan bahwa komunitas Batak Marbisuk sepakat tidak hanya mendukung, tetapi juga memilih RK sebagai Gubernur Jakarta. Ridwan Kamil menyambut baik dukungan ini dan berkomitmen untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi semua etnis di Jakarta.

"Harapan dari etnisitas di Jakarta yang multi-etnis ini, rasa aman dan nyaman pasti dikomitmenkan oleh saya," ujarnya.

Dukungan ini, menurut RK, akan memperkuat tim RIDO (Ridwan Kamil dan Suswono) untuk menang satu putaran.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil juga mengungkapkan kedekatan emosionalnya dengan masyarakat Batak. Saat menerima ulos dari Komunitas Batak Marbisuk, RK menyebut bahwa dirinya telah beberapa kali mendapatkan ulos sebagai tanda penghormatan.

"Ini ulos saya yang kesekian belas. Menandakan orang Batak dan saya banyak hubungan batin yang sangat baik," ujarnya.

Ulos ini, menurut RK, merupakan simbol penghormatan dan kedekatan antara dirinya dan komunitas Batak, yang semakin memperkuat dukungan mereka untuk dirinya dalam Pilgub DKI Jakarta.

RK juga mengapresiasi dukungan dari berbagai komunitas etnis lainnya di Jakarta, termasuk 22 organisasi etnis yang sebelumnya mendeklarasikan dukungannya di Kemayoran.

"Ini membesarkan hati bahwa mereka melihat kami punya jejak track record dalam menjaga keberagaman," tuturnya.